Teknologi Mengecas Baterai Smartphone dari Pot Tanaman

Perkembangan teknologi semakin canggih. Salah satunya asalah sumber daya listrik yang terus di kembangkan oleh peneliti, misalnya kamu biasanya mengisi daya Smartphone melalui sumber listrik rumah, laptop, atau panel surya yang sedikit ekstrim.
Namun, ternyata ada yang lebih ekstrim lagi daripada itu. Arykyne Technologies sebuah startup asal Eropa sedang mengembangkan sebuah alat yang memungkinkan kamu untuk mengisi daya baterai Smartphone melalu pot tanaman. Sistem tersebut dinamai Bioo Lite. Sistemnya sendiri bekerja dengan cara menyerap tenaga yang dihasilkan dari proses fotosintesis dan mengahsilkan listrik menggunakan air, tanah, dan tanaman itu sendiri. sebuah pot tanaman dapat mengahasilkan tenaga listrik yang sesuai denga mengisi daya dari USB melalu laptop atau komputer dekstop.








Dengan kemampuan tersebut, tim Arkyne Technologies mengklaim bahwa sistem Bioo Lite mampu digunakan untuk mengisi daya sebuah smartphone sebanyak dua sampai tiga kali setiap hari untuk lima tahun ke depan. Lalu jenis tanaman apa saja yang bisa digunakan?
Tim Arkyne Technologies mengatakan bahwa pada dasarnya semua jenis tanaman di dalam pot apapun bisa digunakan. Namun mereka menekankan bahwa beberapa jenis tanaman bisa menghasilkan daya listrik yang lebih besar.
Saat ini Arkyne Technologies sedang melakukan penggalangan dana di situs crowdfunding Indiegogo. Produknya sendiri rencananya akan mulai dipasarkan pada bulan Desember mendatang. Tertarik untuk membelinya? Siap-siap merogoh kocok US$135 (sekitar Rp1,7 juta).
Selain Arkyne Technologies, sejumlah mahasiswa dari University of Technology and Engineering (UTEC) sempat mengembangkan “Plant Lamps”, sebuah lampu pijar yang ditangani oleh tanaman. Proyek tersebut dibuat untuk membantu penduduk yang berada di wilayah-wilayah terpencil dan tidak memiliki akses listrik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Mengecas Baterai Smartphone dari Pot Tanaman"

Posting Komentar