eBAY

E-BAY.COM
PROFIL e-bay.com
Tipe : Publik (NASDAQ: EBAY)
Berdiri : San Jose, California, Amerika Serikat
Tahun : 1995
Kantor pusat : San Jose, California, Amerika Serikat
Tokoh penting : Meg Whitman (Presiden sekaligus CEO)
Pendiri : Pierre Omidyar
Industri : Bursa pelelangan
Produk : Lelang online PayPal
Pendapatan : US$ 3,27 miliar (2004)
Jumlah Karyawan : 8.100 (2004)
Slogan : The World's Online Marketplace
Situs resmi : www.ebay.com
Status : Aktif
VISI, MISI DAN SASARAN
VISI
Menjadikan perusahaan sebagai pemimpin dunia dalam pelayanan kepada pelanggan
secara online.
MISI
Menjadi pusat pelayanan pelanggan yang terkemuka di dunia. Tempat orang-orang menemukan. apa yang diinginkan dan dibeli secara online. Dengan motto: kerja keras, menyenangkan, dan tercatat dalam sejarah.
SASARAN
1. Customers: Menciptakan obsesi pelanggan sehingga pelanggan jadi loyal untuk selalu membeli secara online di eBay.com dan sasaran utama adalah New User Internet.
2. Product or Service Product atau layanan yang disediakan oleh eBay.com adalah pelayanan pembelian produk atau jasa secara online.
3. Market Pasar yang akan dikuasai eBay.com adalah pasar dunia.
4. Technology: Technology yang digunakan tentunya high Technology information dalam
hal ini adalah internet
5. Concern for Survival: Growth And Profitability Survive kepemilikan website ini,
pertumbuhan perusahaan yang pesat, keuntungan perusahaan yang tinggi dan berkembang.
6. Philosophy Menciptakan pelayanan yang inovatif dalam menghadapi perubahan konsumen. Keberhasilan jangka panjang itu lebih baik daripada pelayanan hebat sesaat
dan menciptakan nilai kesejahteraan
7. Self – Concept: Keunggulan kompetitif yang diciptakan eBay.com adalah seminimal
mungkin penyimpangan tindakan.
8. Concern for Public Image: Perusahaan yang bekerja keras menyenangkan dan ini tercatat dalam sejarah.
9. Concern for Employees: Karyawan adalah asset perusahaan, oleh karena itu dilibatkan dalam segala pengambilan keputusan dan dibayar mahal.
TUJUAN JANGKA PANJANG
1.Meningkatkan pertumbuhan penjualan dengan penggunaan web sebesar 2300 % pertahun.
2.Memperluas jaringan usaha. Menciptakan bisnis yang lebih besar dan lebih cepat.
3.Sukses budaya korporate.
4.Membangun merk dagang yang kuat.
5.Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.
6.Mmbangun komunitas pembeli via eBay.com, yaitu komunitas besar den loyal paling tidak 70% dari pelanggan yang ada.
TUJUAN ANTARA (Middle)
1. Menyelidiki peluang bisnis via internet.
2. Membeli saham rekanan dan pesaing.
3. Pemberian diskon harga.
4. Pemberian super gratis untuk layanan pengiriman.
5. Pemberian hadiah kepada pelanggan baik melalui undian maupun langsung.
6. Mengembangkan “I-Click” otomatis.
7. Menciptakan web tolong menolong antar pelanggan.
IDENTIFIKASI STRATEGI YANG SUDAH DIGUNAKAN eBay.COM
Strategi tingkat Bisnis
1. Cost Leadership Strategis (diskon harga, beban pemasaran rendah, biaya iklan rendah, bebas biaya pengiriman, memberi hadiah)
2. Differentiation Strategis (Kompetensi para Eksekutif, capat membantu perusahaan lain untuk menawarkan produk dan jasa di website eBay.com termasuk pesaingnya, pelayanan cepat)
3. Focus Strategis
Strategi tingkat Corporate
1. Penetrasi Pasar.
Usaha meningkatkan pangsa pasar yang sudah ada saat ini dengan upaya pemasaran yang lebih besar. Upaya tersebut meningkatkan jumlah tenaga penjualan, meningkatkan jumlah belanja iklan, meningkatkan promosi penjualan secara ekstensif, meningkatkan publisitas. Meningkatkan pangsa pasar eBay.com ini bisa dilihat dari meningkatnya penjualan tahun 2002
$3,93 milyar, bila kita lihat pada tahun 2003 meningkat jadi $5,26 milyar. Hal ini bisa terjadi karena eBay.com menjual banyak produk dan banyak pula pasamya. Tidak terbatas di AS saja. Walaupun sudah banyak produk sejenis di pasar yang akan dituju, walaupun tahu bahwa disitu sudah banyak pesaingnya tetapi eBay.com tetap akan masuk ke pasar tersebut. Contoh bookstore di Inggris sudah ada, di Jerman sudah ada, di Prancis juga sudah ada, tetapi eBay.com tetap masuk ke pasar tersebut bahkan berhasil merebut saham-saham perusahaan tersebut.
2. Pengembangan Pasar.
Memperkenalkan produk yang sudah ada ke daerah (geografi) baru. Dalam hal ini eBay.com tidak hanya beroperasi di wilayah AS tetapi sudah ke Eropa antara lain: Jerman, Inggris, Prancis dan ke Amerika Utara (Kanada). Akhir-akhir ini ekspansi dilakukan ke Asia Pasifik dan ke Amerika Latin, bahkan ke depan e-bay ingin menguasai Asia dan Afrika.
3. Pengembangan Produk.
Upaya peningkatan penjualan dengan memperbaiki dan memodifikasi produk atau jasa. eBay.com juga melakukan pengembangan produk contohnya: eBay.com travel menjual jasa transportasi dan Virginmega.com yaitu penjualan berbagai macam produk-produk kantor. Serta eBay.com.sport menjual berbagai alat olahraga.
4. Diversifikasi konsentrik (terfokus).
Menambah produk atau jasa baru, tetapi berhubungan dengan usaha inti. Contoh eBay.com.inc. menjual PC melalui toko online-nya. Daripada disimpan di gudang. eBay.com cukup mengirimkan pesanan komputer ke penjual grosir ingram micro, yang mengemas dan mengirimkan adalah Ingram micro. Transaksinya via eBay.com. Jadi disini eBay.com dapat meminimalkan operasionalnya dengan tetap memperoleh keuntungan tanpa harus beresiko.
5. Diversifikasi Horizontal.
Menambah produk atau jasa baru, tetapi tidak ada hubungan dengan bisnis inti.
Contohnya eBay.com menjual produk alat-alat perkantoran
6. Integrasi kedepan (Forward).
Akuisisi kepemilikan untuk peningkatan kontrol atas distributor atau pengecer. Yang sudah diimplementasikan eBay.com adalah dengan membeli beberapa perusahaan dan beberapa website yang kemudian untuk digabungkan ke dalam kontrol eBay.com. beberapa contoh:
a. Britsh bookstore (lnggris) menjadi eBay.co.uk.
b. Telebuch inc. bookstore online (Jerman) menjadi amzon.cu.de.
c. Pets.com.(50%)
d. Sotheby(1,7%) lelang online menjadi Sotheby-eBay.com.
e. Acquire e-Nische inc.
f. Accepl.com
g. Alexaintemet.co.
h. HomeGrocer.com(35%)
i. Gear.com (49%)
7. Integrasi ke belakang (Backward).
Akuisisi kepemilikan untuk meningkatkan kontrol atas pemasok. Beberapa contohnya
adalah:
a. e-British bookstore.
b. Telebuch inc. bookstore.
c. Bookstore eBay. fro (Prancis)
d. Babies RUS {Produk bayi}
e. Toys RUS (Produk mainan anak-anak)
8. Integrasi Horizontal.
Akuisisi kepemilikan untuk meningkatkan kontrol atas pesaing. Contohnya :
a. Drugstore.com (49%) dibeli untuk menghadapi tamangan pesaing e-Bay (Pemimpin pasar
dunia lelang person ke person).
b. Sotheby. eBay.com. (Iokasi lelang online) menghadapi pesaing utama.
PENGEMBANGAN MISI eBAY.COM.
Dari hasil evaluasi misi diatas maka sebagai revisi dari misi eBay.com yang penulis rekomendasikan adalah sebagai berikut: "Menjadi pusat pelayanan pelanggan terkemuka di dunia. sebagai tempat orang-orang menemukan apa yang diinginkan dan dibeli secara online. Dengan motto kerja keras, menyenangkan dan tercatat dalam sejarah. Dengan pertumbuhan website yang survive dan pesat, profitabilitas tinggi. Mengutamakan keberhasilan jangka panjang dari pada pelayanan hebat sesaat. Dengan seminimal mungkin penyimpangan tindakan. Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan dan mensejahterakan karyawan."
PROSES JUAL BELI DI EBAY
Nah, setelah sedikit mengulas profil ebay.com sekarang bagaimana cara kerja eBay?
Kita tidak perlu mendaftar untuk melihat barang yang tersedia di eBay, tetapi kita harus mendaftar jika ingin membeli atau menjual. Di manapun kita mendaftar, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya - ID Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay. Beginilah cara kerjanya:
ebayee
Seperti itulah cara kerja ebay dan selanjutnya dibawah ini adalah gambaran transaksi jual beli jika kita kerja sama dengan dropship

.ebay

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "eBAY"

Posting Komentar