Towards My World

Pengalaman Menggeluti Dunia Teknologi Informasi Sebagai Perempuan

Sebelum nya saya ingin perkenalkan diri dulu ya teman-teman…
Nama saya Safira, saya anak ke-3 dari 3 bersaudara. Saudara saya semua laki-laki, dari semua saudara saya hampir semua nya sukses dalam perjalanan study nya. Kakak pertama saya sudah mendalami ilmu sastra dan juga dalam perjalanan menulis skripsi insyaallah terselesaikan dan wisuda tahun ini, lalu kakak kedua saya itu sungguh sangat beruntung, kakak kedua saya ini melanjutkan study nya di luar negeri, yaitu mempelajari ilmu agama. Sungguh bagi saya itu sebuah kebanggaan melihat semua saudara saya seperti itu, dan itu pun tidak membuat saya menjadi kecil hati.
Ketika SMA selesei saya harus memikirkan kemana saya akan pergi selanjutnya. apa saya hanya diam dirumah? lalu ketika penndaftaran perkuliahan ibu saya menyuruh saya untuk ambil bidan, saya pun menolak. Disisi lain saya berpikir  kebiasaan saya itu  main komputer yaitu internetan. Lalu saya mengingat kembali di masa ketika saya les privat di kakak tingkat. Ka za, kakak tingkat inilah yang membuat banyak pengalaman. Ka za, cewek  ini sungguh luar biasa, kuliah nya di UB jurusan TI yang hobi nya di depan laptop main game, coding, dan yang paling hebat adalah jadi hacker. Padahal yang bisa melakukan seperti itu adalah laki-laki. Dari situ membuktikan seorang perempuan juga mampu terjun di dunia teknologi.
Tak lama kemudian semua banyak pertanyaan dipikiranku, seperti apa jurusan di TI itu? apa sih coding itu?? apa cara buat aplikasi itu ada hubungnya sama TI? nah dari situ saya ingin banget tahu dan mengerti dunia teknik informasi meskipun kata orang-orang itu adalah jurusan untuk laki-laki. Lalu ketika snmptn tanpa ragu dan bismillah saya ambil jurusan teknik informatika di Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Ibrahim Malang .
Kemudian saya menggambarkan, pasti saya akan mempelajari yang berhubungan dengan komputer, kode, logika software, hardware, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. tapi saya merasa dalam TI ini harus logika berjalan cepat , sedangkan saya hmmm. Dipikiran saya muncul pertanyaan apa saya bisa ya?? tapi saya ingin banget belajar dunia TI dan ingin membuat aplikasi sendiri dan bisa membangun sebuah perusaahaan, apalagi teman-teman di jurusan TI ini logikanya berjalan cepat, hebat banget lah buat mereka. Lalu saya ceritakan semua pada ibu saya. kata beliau “jalani  dulu pelan-pelan jangan takut. pokoknya sambil berdoa ketika berangkat kuliah ketika melakukan sesuatu pasti insyaallah bisa” selalu itu perkataan beliau. Alhamdulillah keraguan hilang doa ibu selalu mengalir.
Kemudian muncul lagi pertanyaan dipikaran saya. Apa sih sebenernya Jurusan Teknik Informatika itu? ternyata ketika menjalani kuliah, di  jurusan ini khusus memperlajari tentang komputer, mulai dari hardware, software, bahasa pemrograman, dan secara khusus menangani proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dan menyelesaikan masalah. Mata kuliah matematika pun akan mengisi perkuliahan dalam jurusan ku ini, seperti matematika dasar, matematika lanjut, dan matematka diskrit. Selain itu, dalam jurusan ini saya akan mempelajari tentang bagaimana membuat program menggunakan bahasa pemrograman java, memahami logika dengan algoritma, membuat web, jaringan internet, game, dan lain-lain. wow semua itu sangat amazing tapi sangat menantang banget ya TUHAN…..tapi tidak masalah semua dijalankan dengan semangat. Pada sebenarnya Jurusan Teknik Informatika sangat menyenangkan. saya akan mengetahu rahasia dibalik kerja sistem komputer, software sehari-hari yang saya gunakan, bahkan saya pun insyaallah bisa membuat software-software tersebut, dengan dibalik itu pasti berhubungan juga yang nama nya coding. coding is the best. Hahaha
Nah sekarang saya sudah semeseter 2 saya ini sudah menjalankan praktikum dasar-dasar pemrograman. ketika praktikum yang saya rasakan dag dig dug banget, gimana apa saya bisa terseleseikan tugas nya?? awal praktikum yang buruk, saya pun belum berhasil menyelesaikan. memang butuh konsentrasi mengerti dan paling penting adalah cepat menjalankan keyboardnya. Dan saya pun tidak menyangka akan menjadi makanan saya dengan menu code java dan juga saya terus memandang laptop berjam-jam dengan memperbaiki sebuah bug di dalam code saya. Masalah ini membuat saya mendorong saya dalam ke dalam siklus kecemasan, pembencian diri sendiri, dan melampiaskan kemarahan pada keyboard, disisi lain ada juga masa ketika saya merasa bangga seperti menulis script dan menjalankannya dengan sukses. Sebenernya saya kuliah di jurusan TI ini sungguh sangat melelahkan, tapi saya akan melanjutkan pilihan hidup saya ini. meskipun melelehkan temen-temen saling menyemangatkan satu sama lain. inilah kebersamaan Teknik Informatika UIN Maliki Malang.




NB: ITULAH KISAH PENGALAMAN SAYA. MAAF JIKA ADA TULISAN SAYA TIDAK BAIK.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Towards My World"

Posting Komentar